Home Berita Tingkatkan Pemahaman Sejarah, Penerangan Koopsud I Ikuti Rakornis Sejarah TNI TA 2024

Tingkatkan Pemahaman Sejarah, Penerangan Koopsud I Ikuti Rakornis Sejarah TNI TA 2024

by penkoopsud1
0 comment

TNI AU, Penkoopsud I. Penerangan Koops Udara I ikuti Rakornis Sejarah TNI TA 2024, sebagai upaya meningkatkan pemahaman sejarah dan profesionalisme TNI yang digelar Pusjarah TNI, bertempat di Balairung Pahlawan Museum Satriamandala, Jakarta Selatan, Rabu (24/4/2024).

Rakornis Sejarah yang dibuka Kapusjarah TNI Brigadir Jenderal Rusmili, S.I.P., M.Si., mewakili Aspers Panglima TNI hari ini mengangkat tema “Mewujudkan SDM Sejarah Ungul dan Profesional Dalam Mewujudkan TNI yang Prima” .

Melalui sambutan yang dibacakan Kapusjarah TNI, Aspers Panglima TNI mengatakan sebagai institusi TNI yang mengemban bidang kesejarahan, Pusjarah TNI bersama pengawak fungsi kesejarahan TNI lainnya harus tetap berinovasi agar pembinaan kesejarahan tetap bertahan ditengah era globalisasi dan digitalisasi saat ini.

“Kesejarahan tidak akan bisa lepas dari sumber-sumber sejarah, baik primer berupa dokumen atau arsip maupun sekunder berupa bahan pustaka yang menjadi bagian sangat krusial bagi insan sejarah TNI” ungkap Aspers Panglima TNI.

Hadir sebagai narasumber adalah Dr. Anhar Gongong, M.A., seorang sejarawan nasional dengan menyampaikan materi berjudul “Peningkatan SDM Sejarah TNI dalam kaitannya dengan perkembangan Lingkungan Strategi diera globalisasi”.

Dikatakan Dr. Anhar Gongong, Pusjarah TNI seharusnya tidak hanya
menghasilkan buku sejarah, historiografi, melainkan juga mendayagunakan
sejarah sebagai rangkaian peristiwa masa lampau, untuk memahami situasi
sekarang, dan bahkan sedikit banyak, juga berguna untuk “merancang-
bayangkan masa depan.

Rakornis Sejarah TA 2024 hari ini yang digelar virtual diikuti secara luring oleh Wakapusjarah TNI, Kadispenau, Sesdispenau, Sesdisjarahad, Sesdijarahal, para Kepala Penerangan wilayah Jakarta, dan kepala Musium Kotama TNI. Sementara beberapa Kepala Dinas Penerangan, Kepala Penerangan dan para Kabintaldam diluar wilayah Jakarta dan Bandung mengikuti secara daring.

Rekomendasi untuk Anda