Home Berita Pesonel Meteo Lanud Husein Sastranegara Mengecek Kesiapan MMS

Pesonel Meteo Lanud Husein Sastranegara Mengecek Kesiapan MMS

by Husein Sastranegara
0 comment

Pesonel Meteo Lanud Husein Sastranegara Mengecek Kesiapan MMS

TNI AU – Personel Meteorologi (Meteo) Lanud Husein Sastranegara melakukan pengecekan kesiapan Mobile Meteorological Station (MMS) di Apron Baseops Lanud Husein Sastranegara, Rabu (12/6). Komandan Lanud Husein Sastranegara Kolonel Pnb Alfian, S.E., menyampaikan, pengecekan ini merupakan bagian dari rutinitas untuk memastikan bahwa sistem meteorologi bergerak tersebut siap digunakan dalam berbagai kondisi cuaca.

MMS adalah sistem canggih yang digunakan untuk mengumpulkan data meteorologi secara real-time di berbagai lokasi. Dengan MMS, personel Lanud Husein Sastranegara dapat memantau kondisi cuaca secara akurat dan tepat, yang sangat penting dalam mendukung operasional penerbangan. Pengecekan meliputi fungsi perangkat keras dan perangkat lunak, serta kalibrasi alat untuk memastikan keakuratan data yang diperoleh , Ungkap Danlanud.

Sementara Ps. Kasubsi Meteo Lanud Husein Sastranegara Lettu Sus Andisman, A.Md, mengatakan pentingnya kesiapan MMS dalam menunjang operasi penerbangan di luar pangkalan TNI AU untuk mendukung kegiatan VIP/VVIP yang aman dan efisien. “Kesiapan alat ini sangat vital dalam mendukung keselamatan penerbangan, terutama dalam memberikan informasi cuaca yang akurat dan terkini,” ujarnya. Lettu Sus Andisman juga menekankan pentingnya perawatan rutin untuk menjaga performa alat tetap optimal.

Selain pengecekan teknis, personel Meteo juga melakukan simulasi penggunaan MMS dalam kondisi darurat. Simulasi ini bertujuan untuk melatih kesiapsiagaan personel dalam menyampaikan informasi apabila terjadi cuaca buruk yang dapat mempengaruhi operasi penerbangan. Dengan latihan ini, diharapkan kemampuan personel Meteo dalam menggunakan MMS semakin terasah dan siap menghadapi berbagai kemungkinan di lapangan.

Pengecekan dan simulasi yang dilakukan ini menunjukkan komitmen Lanud Husein Sastranegara dalam menjaga standar keselamatan tertinggi dalam operasi penerbangan. Dengan kesiapan MMS yang terjamin, Lanud Husein Sastranegara siap memberikan pelayanan informasi cuaca yang akurat bagi keselamatan penerbangan.

Rekomendasi untuk Anda