Home Berita Manuver Lapangan Latihan Manyar Terampil 2023

Manuver Lapangan Latihan Manyar Terampil 2023

by pustas
0 comment

Lanud Ats. Kegiatan Puncak Latihan Manyar Terampil Lanud Atang Sendjaja Tahun 2023 resmi dimulai. Jalannya rangkaian kegiatan Manuver Lapangan (Manlap) dimulai dengan melaksanakan Apel pengecekan pasukan beserta dengan perlengkapannya. Pada pukul 08.00 wib, Narator Latihan melalui radio memberikan broadcast pembukaan rangkaian kegiatan Latihan Manyar Terampil 2023, Kamis (9/3/2023).

Komandan Lanud Atang Sendjaja Marsekal Pertama TNI Suliono, S.Sos., selaku Pimpinan Umum Latihan didampingi Komandan Wing Udara 4 Lanud Ats Kolonel Pnb Agni Prayogo, S.E bersama dengan Tim Peninjau Latihan dari Kodiklatau Kolonel Pnb Iwan Tahandi, S.Sos., M.Han yang menjabat sebagai Paban III/Silat Diklat Kodiklatau menyaksikan jalannya Manuver Lapangan Latihan Manyar Terampil 2023.

Manuver Lapangan yang dilaksanakan hari ini menampilkan berbagai macam skema latihan baik demo darat maupun demo Udara.

Pada pelaksanaan demo darat, disimulasikan bahwa kelompok Radikal Kanan yang berada di daerah Bojong merencanakan untuk sabotase terhadap instalasi militer. Melalui broadcast radio, Tim Intelijen menginformasikan ada 120 orang pendemo mencoba merangsek masuk kedalam Lanud Ats. Babinpotdirga Lanud Ats diluncurkan untuk melakukan mediasi dengan kordinator lapangan (Korlap) pendemo. Hasil mediasi tidak berhasil, sehingga Pasukan Huru Hara (PHH) Lanud Ats mendatangi lokasi untuk menghalau masa pendemo yang berusaha masuk.

Belum berhenti sampai disana, secara tiba tiba, Gedung Sentral Komunikasi (Senkom) Lanud Ats disabotase dengan dibakar oleh teroris yang berhasil masuk ke ring 1 Lanud Ats yang mengakibatkan jaringan telekomunikasi dan internet lumpuh. Dengan sigap dan cepat, Crash Team meluncur ke lokasi untuk memadamkan api dan personel Senkom melaksanakan pemasangan Repeater Portabel. Dengan berbekal kemampuan pengalaman yang dimiliki, Api yang berkobar dapat dengan cepat dijinakkan dan jaringan telekomunikasi dan internet dapat berjalan normal kembali.

Selanjutnya, pada demo udara hari ini, disimulasikan bahwa pesawat Hawk 100/200 Skadron Udara 1 Lanud Supadio yang tengah melaksanakan Operasi Badik Segara-23 di wilayah udara NKRI di Pulau Serasan mengalami accident dimana pilot eject. Kejadian tersebut mengharuskan Unsur Helikopter melaksanakan operasi SAR Tempur untuk menyelamatkan pilot pesawat Hawk yang bernilai strategis.

Menindaklanjuti kejadian tersebut, Lanud Ats melaksanakan operasi pencarian dan peyelamatan terhadap Pilot pesawat tempur Hawk 100/200 sesuai dengan koordinat yang telah diterima dengan menerjunkan 2 Helikopter Jenis SA-330 Puma dari Skadron Udara 8 dan Helikopter NAS-332 Super Puma dari Skadron Udara 6.

Helikopter ini telah membawa komposisi regu SAR dari Komando pasukan gerak cepat TNI AU yang tebagi menjadi 2 regu, yaitu regu Tim Keamanan dan Tim penolong. Kedua regu ini memiliki peran masing masing dalam keberhasilan operasi ini. Masing masing personel Kopasgat ini merupakan prajurit prajurit handal dari korps baret jingga kebanggaan TNI AU.

Pada saat proses evakuasi, Helikopter SA-330 Puma sebagai tim Escort yang melaksanakan Air Cover, hal ini bertujuan agar dalam pelaksanaan fastrope,rappelling dan hoist terhindar dari serangan yang dapat mengancam keselamatan Air Crew. Selanjutnya, Helikopter NAS-332 Superpuma sebagai tim penolong melaksanakan Rappeling dan hoist untuk menyelamatkan korban.

Missi SAR Tempur berhasil dilaksanakan selanjutnya, unsur Helikopter melanjutkan Home Flight menuju Lanud Spo. Saat homeflight salah satu helikopter terkena proyektil pada bagian fuel cell sehingga pesawat mengharuskan untuk emergency landing di lapang terdekat di wilayah Liku. Infromasi dari Komando atas bahwa untuk kordinat Helikopter telah diketemukan dan atas perintah dari komando atas, Lanud Ats disiapkan dukungan Banharlap dari Skatek 024 baik personel maupun materiil. Informasi yang didapatkan di lapangan ternyata akses kendaraan melalui jalur darat sangat tidak memungkinkan karena posisi pesawat ada di daerah ketinggian yang sangat suit ditembus dengan jalur darat.

Oleh karena itu Bantuan pemeliharaan lapangan tersebut harus di support menggunakan jalur udara. Harapannya dengan jalur udara tersebut banharlap dapat dengan cepat sampai di lokasi. Mengatasi hal tersebut tentunya memerlukan dukungan pengamanan dan tim banharlap yang harus didukung menggunakan helikopter dengan melaksanakan operasi angkutan udara dengan membawa bahan bakar drum dengan teknik Sling Load.

Sementara itu BNPP Pusat mendapatkan informasi bahwa KRI Teluk Genteng yang melaksanakan Operasi Pam Laut Natuna-23 di Selat Sunda mengalami kebocoran lambung kapal, indentifikasi awal dikarenakan menabrak karang. Selanjutnya BNPP Pusat melalui Wing 4 Lanud Ats menerbangkan 1 Heli Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan Jenis AS-365 N3+ Dauphin untuk turut membantu mengevakuasi awak KRI Teluk Genteng dengan cara Hoist untuk selanjutnya diterbangkan ke Rumah Sakit terdekat. Dalam misi SAR ini Helikopter Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan berhasil menyelamatkan awak KRI Teluk genteng dalam keadaan aman.

Dengan berakhir nya demo darat dan demo udara pada hari ini, berakhir sudah tangkai kegiatan latihan Manyar Terampil Lanud Ats Tahun 2023.

Turut hadir menyaksikan Manuver Lapangan Manyar Terampil 2023, Kadislog Lanud Ats Kolonel Tek M. Iqbal Mas Putera, Kadispotdirga Lanud Ats Kolonel Pom Bambang Susilo Utomo, Kepala RSAU dr M. Hassan Toto Kolonel Kes dr. Hendro Yulieanto, M.S., M.Han., Sp.An., Sp.K.P,. Komandan Skadron Udara 8 Letkol Pnb Immanuel Simarmata, S.E., MMDS., Dansatpom Lanud Ats Letkol Pom Eka Ramendra, Dansathanlan Lanud Ats Letkol Pas Hadi Santoso, S.Pd., serta pejabat Lanud Ats lainnya.

Rekomendasi untuk Anda